gunadarma

gunadarma
gunadarma

Rabu, 01 Mei 2013

Macam-Macam Perangkat keras



Network Interface Cards (NIC) atau Kartu Jaringan.

   Kartu Jaringan (NIC) merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antara komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer. Beberapa komputer seperti komputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada computer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot. Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah : kartu jaringan Ethernet, LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring. Yang saat ini populer digunakan adalah Ethernet, lalu diikuti oleh Token Ring, dan LocalTalk.

                                                          Gambar  Kartu Jaringan Ethernet


Hub/Konsentrator

    Sebuah Konsentrator/Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Dalam topologi Bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam Hub. Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut nomor Port dari card yang dituju.


                                                               Gambar Hub/Konsentrator

Switch


    Switch jaringan (atau switch untuk singkatnya) adalah sebuah alat jaringan yang melakukan bridging transparan (penghubung segementasi banyak jaringan dengan forwarding berdasarkan alamat MAC).
    Switch dapat dikatakan sebagai multi-port bridge karena mempunyai collision domain dan broadcast domain tersendiri, dapat mengatur lalu lintas paket yang melalui switch jaringan. Cara menghubungkan komputer ke switch sangat mirip dengan cara menghubungkan komputer atau router ke hub. Switch dapat digunakan langsung untuk menggantikan hub yang sudah terpasang pada jaringan.
     Switch jaringan dapat digunakan sebagai penghubung komputer atau router pada satu area yang terbatas, switch juga bekerja pada lapisan data link, cara kerja switch hampir sama seperti bridge, tetapi switch memiliki sejumlah port sehingga sering dinamakan multi-port bridge.



                                                                    Gambar Switch

Repeaters


    Repeater adalah Akses Point (AP) yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari akses point server agar bisa menangkap sinyal WIFI. Repeater sendiri tanpa mengurangi bandwitch yang di sharing. Perangkat Repeater sendiri didesain sedemikian rupa sehingga mampu untuk mengover daerah-daerah yang lemah sinyal dari server. Sehingga pengguna mendapatkan sinyal AP menjadi kuat
    
                                                                  http://4.bp.blogspot.com/-cnrzYMegrRI/TcKwa3S0dUI/AAAAAAAAACU/5cwS0dvAp7k/s1600/Veos_repeater_1.jpg

                                                                      Gambar Repeater

Bridge


    Bridge adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan beberapa jaringan terpisah, baik tipe jaringan yang sama maupun yang berbeda. Bridge memetakan alamat ethernet dari setiap node atau titik yang ada pada masing-masing jaringan dan hanya memperbolehkan lalulintas data yang diperlukan melintasi bridge. Ketika menerima sebuah paket, bridge menentukan segmen tujuan dan sumber. Jika segmennya sama,paket akan ditolak,dan jika segmennya berbeda paket akan diterusakan ke segment tujuannya. Bridge juga bisa mencegah pesan rusak agar tidak menyebar dari satu segment. 
    

                                                                       
             Gambar Bridge

Router

    Router bekerja dengan cara yang mirip dengan switch dan bridge. Perbedaannya, router merupakan penyaring atau filter lalulintas data. penyaringan dilakukan dengan menggunakan protokol tertentu. Router pada dasarnya merupakan piranti pembagi jaringan secara logikal bukan fisikal. Misalnya sebuah IP router bisa membagi jaringan menjadi beberapa subnet sehingga hanya lalu lintas yang ditujukan untuk IP address tertentu yang bisa mengalir dari satu segment ke segment lain. Contohnya bisa berupa jaringan biasa LAN (Local Area Network) atau WAN (Wide Area Network) atau jaringan global seperti Internet.


                                                                  Gambar Router

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar